• Monday, June 15, 2015

    Instalasi Web Server Apache, PHP, dan MySQL dengan XAMPP pada Windows

    Tidak seperti kode HTML yang dapat langsung berjalan di web browser, halaman web yang ditulis dengan PHP harus diproses dalam sebuah aplikasi yang dinamakan Web Server. Web server inilah yang akan menerjemahkan kode PHP menjadi HTML dan mengirimnya ke web browser untuk ditampilkan.
    Untuk aplikasi web server, terdapat beberapa pilihan. Saat ini web server yang sering digunakan adalahApacheNginx, dan Microsoft IIS. Apache dan Nginx merupakan aplikasi open source dan dapat digunakan dengan gratis.
    Pada artikel kali ini saya akan menuliskan tentang panduan Instalasi Web Server Apache dengan XAMPP.XAMPP  adalah paket instalasi program yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. XAMPP sendiri merupakan singkatan dari aplikasi dalam paketnya, yaitu: X (berarti cross-platform, maksudnya tersedia dalam berbagai sistem operasi), Apache Web Server, MySQL, PHP dan Perl. Dengan menginstall XAMPP, secara tidak langsung kita telah menginstall keempat aplikasi tersebut.
    Dalam tutorial ini saya menggunakan sistem operasi Windows 8.1, web browser Mozilla Firefox, dan XAMPP versi 1.8.3 dalam bentuk file exe sebesar 139 MB. Anda juga bisa menggunakan XAMPP versi portable yang memiliki ukuran file lebih kecil.

    Cara Menginstall XAMPP Server

    Download aplikasi XAMPP for Windows di link berikut: XAMPP 1.8.3.
    Setelah aplikasi installer XAMPP berhasil di unduh, jalankan file instalasi XAMPP dengan cara klik dua kali pada file tersebut.
    Apabila pada komputer terpasang anti virus, akan muncul jendela peringatan untuk sementara mematikan anti virus. Anda boleh mengikuti instruksi ini, atau mengabaikannya dan lanjut ke tahap selanjutnya.

    Jika anda menggunakan Windows Vista atau 7, akan muncul tampilan peringatan untuk tidak menginstall XAMPP pada folder default di C:\Program Files. Hal ini disebabkan proteksi keamanan dari Windows akan menghalangi beberapa fitur dari XAMPP. Karena itu sebaiknya folder instalasi XAMPP kita pindahkan keD:\XAMPP.

    Setelah 2 jendela peringatan diatas, akan muncul jendela tampilan awal instalasi XAMPP, klik Next untuk melanjutkan.

    Tampilan berikutnya adalah “Select Component”, pada layar ini anda bisa memilih aplikasi apa saja yang akan diinstall. Disarankan untuk membiarkan pilihan default, dalam hal ini semua aplikasi akan diinstall. Namun jika anda memiliki kendala akan keterbatasan ruang harddisk, anda bisa memilih aplikasi penting seperti Apache, MySQL, PHP, dan phpmyadmin. Setelah itu, lanjutkan dengan klik tombol Next.

    Tampilan berikutnya adalah “Installation Folder”. Secara default XAMPP akan diinstal pada direktoriC:\xampp. Anda dapat mengubah folder instalasi default XAMPP ke folder lain, dalam contoh ini saya akan memindahkannya ke D:\xampp. Lalu klik Next untuk melanjutkan.

    Tampilan layar “Bitnami for XAMPP” adalah iklan produk installer CMS dari XAMPP. Jika Anda ingin tahu lebih jauh tentang Bitnami, centanglah pilihan “Learn more about BitNami for XAMPP”. Karena kita tidak memerlukannya saat ini, hapus centang dari pilihan “Learn more about BitNami for XAMPP”, lalu klik tombol Next.


    Jika semuanya berjalan lancar, tampilan berikutnya adalah “Ready to Install”, klik tombol next untuk memulai proses instalasi.



    Proses instalasi akan berjalan beberapa saat, hingga layar tampilan menjadi “Completing the XAMPP”. Biarkan ceklist “Do you want to start the Control Panel now?” karena kita akan langsung mencoba XAMPP setelah ini.

    Setelah XAMPP berhasil diinstal, Akhiri proses installasi XAMPP dengan klik tombol Finish. Lalu akan muncul layar “XAMPP Control Panel”. Pada jendela inilah kita akan menjalankan seluruh aplikasi yang ada di XAMPP, yang diantaranya adalah Apache Web Server dan MySQL.
    Untuk test drive dari XAMPP, langsung saja klik tombol Start pada bagian Action Apache dan MySQL. Sesaat kemudian Module Apache dan MySQL akan berwarna hijau menandakan aplikasi Web server Apache dan Database MySQL sudah berjalan.

    jika firewall terpasang dalam komputer anda, akan muncul jendela peringatan untuk membolehkan web server Apache berjalan melewati firewall. Pastikan untuk melewatkan web server Apache tersebut dengan mencentang checklist yang tersedia, lalu klik Allow access.

    Selanjutnya buka web browser Mozilla Firefox. Pada kolom address ketikkan localhost, lalu tekan Enter.

    Jika anda melihat halaman XAMPP, berarti instalasi XAMPP telah berhasil dan Web Server Apache telah berjalan.

    Pilih bahasa yang digunakan, kemudian akan muncul halaman seperti berikut

    Sampai disini, XAMPP telah berhasil diinstal dan kita telah siap untuk mulai mempelajari PHP dan MySQL.
    Semoga bermanfaat..

    Hosting Unlimited Indonesia

    Indra Setyawantoro

    Author

    Saya senang belajar coding, karena coding mengajarkan saya bagaimana cara berpikir.

    0 komentar:

    Post a Comment

    Copyright © 2015 Indra Satya Blogger Templates