• Saturday, April 30, 2016

    Aplikasi CRUD dengan PHP Data Objects (PDO) dan MySQL

    CRUD merupakan singkatan dari Create, Read, Update, dan Delete. Operasi CRUD adalah dasar yang harus diketahui oleh setiap programmer, karena Operasi CRUD merupakan operasi dasar yang akan selalu digunakan dalam membangun sebuah sistem.

    Aplikasi CRUD dengan PHP Data Objects (PDO) dan MySQL ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Untuk cara mengakses databasenya menggunakan PDO (PHP Data Objects). PDO tidak menyediakan cara penulisan procedural style seperti mysqli atau mysql extension. Untuk menggunakan PDO, kita harus mengaksesnya menggunakan object.

    PDO (PHP Data Objects) adalah interface universal yang disediakan PHP untuk “berkomunikasi” dengan database server. Maksud istilah “interface universal” disini adalah bahwa PDO tidak terikat dengan aplikasi database tertentu. Apabila saat ini kita menggunakan database MySQL dan dikemudian hari ingin bermigrasi menggunakan PostgreSQL, kita hanya tinggal mengganti cara pemanggilan awal PDO dan seluruh kode program yang ada bisa langsung digunakan untuk database baru.

    Script didalam aplikasi ini dapat kalian pelajari dengan mudah karena sudah saya berikan komentar pada setiap prosesnya, sehingga dapat digunakan sebagai referensi bagi teman-teman yang baru belajar pemrograman PHP menggunakan PDO (PHP Data Objects) untuk berinteraksi dengan database.

    Fitur Aplikasi
    1.   Create (Menyimpan Data)
    Membuat script untuk menyimpan/insert data dari aplikasi ke database MySQL.
    2.   Read (Menampilkan Data)
    Membuat script untuk membaca atau menampilkan data dari database MySQL ke aplikasi. Menampilkan semua data yang ada pada database dan menampilkan data dengan kriteria tertentu.
    3.   Update (Mengubah Data)
    Membuat script untuk mengubah/update data pada database MySQL melalui apilkasi.
    4.   Delete (Menghapus Data)
    Membuat script menghapus/delete data pada database MySQL melalui aplikasi.
    5.   JQuery DataTables
    Membuat tabel menggunakan JQuery DataTables untuk menampilkan data dari database MySQL. Tabel sudah dilengkapi dengan filter jumlah data yang ditampilkan, form pencarian data dan pagination.
    6.   CSS Bootstrap 3
    Membuat tampilan aplikasi menggunakan CSS Bootstrap 3.
    7.   Fungsi membatasi karakter yang diinputkan
    Membuat fungsi untuk membatasi karakter yang diinputkan. Bisa diinputkan huruf, angka atau karakter tertentu saja.
    8.   Keamanan dasar untuk mencegah SQL injection
    Membuat keamanan dasar untuk mencegah SQL injection saat proses input data. Menghilangkan spasi dibelakang dan didepan kata yang diinputkan.

    Tampilan Aplikasi CRUD



    Sekian penjelasan tentang Aplikasi CRUD dengan PHP Data Objects (PDO) dan MySQL ini. Semoga aplikasi ini dapat membantu teman-teman yang sedang belajar membuat aplikasi berbasis web menggunakan PDO (PHP Data Objects) untuk berinteraksi dengan database.
                                                            
    Jika teman-teman ingin mempelajari aplikasi ini, silahkan kunjungi repositories saya di Github indrasatya
    Atau teman-teman bisa download semua aplikasi yang ada diwebsite melalui link dibawah ini


    Hosting Unlimited Indonesia

    Indra Setyawantoro

    Author

    Belajar untuk Mengajar, Mengajar untuk Belajar.

    0 komentar:

    Post a Comment

    Copyright © 2015 - 2023 Indra Satya. All rights reserved. Blogger Templates