• Friday, April 1, 2016

    Cara Mengatasi Error: Port 80 in use by “Unable to open process” pada XAMPP


    Ketika pertama kali saya menggunakan aplikasi XAMPP saya mengalami gangguan saat ingin menjalankan Apache pada XAMPP Control Panel. Saat saya mengklik tombol start Apache di XAMPP Control Panel, proses langsung berhenti (stop). Saya lihat di bagian log muncul pesan error: Port 80 in use by “Unable to open process”.


    Baris error XAMPP: Port 80 in use by “Unable to open process” sebenarnya terjadi karena port 80 untuk web server apache sudah terpakai. Hal ini biasanya terjadi karena di komputer telah terinstall dan sudah berjalan sebuah aplikasi yang menggunakan port 80. Port 80 adalah port default untuk sistem Hypertext Transfer Protocol (HTTP), sehingga banyak aplikasi lain yang juga menggunakan port yang sama. Jika sebuah port sudah digunakan, maka aplikasi lain tidak bisa menggunakan port yang sama.

    Port adalah suatu mekanisme yang mengizinkan sebuah komputer untuk mendukung beberapa sesi koneksi dengan komputer lainnya dan program di dalam jaringan. Port dapat mengidentifikasikan aplikasi dan layanan yang menggunakan koneksi di dalam jaringan TCP/IP. Sehingga, port juga mengidentifikasikan sebuah proses tertentu di mana sebuah server dapat memberikan sebuah layanan kepada klien atau bagaimana sebuah klien dapat mengakses sebuah layanan yang ada dalam server. Sederhananya, port adalah jalur komunikasi antar aplikasi komputer. Setiap aplikasi (terutama yang berkaitan dengan jaringan) membutuhkan sebuah port untuk saling berkomunikasi. nomor port ini bisa diubah tergantung keperluan. Angka port yang bisa diinput adalah dari 0 hingga 65535.

    Sebagai contoh, aplikasi FTP menggunakan port 20 dan 21, aplikasi Secure Shell (SSH) memakai port 22, dan aplikasi Hypertext Transfer Protocol (HTTP) menggunakan port 80. Untuk mengetahui daftar lengkap nomor port ini bisa mengunjungi: wikipedia.org.

    Kembali lagi ke topik masalah, pada artikel ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi error: Port 80 in use by “Unable to open process” pada XAMPP. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengetahui nama aplikasi yang menggunakan port 80. Kita bisa mengetahuinya dari informasi error pada XAMPP Control Panel. Setelah nama aplikasi diketahui, kita akan mematikan proses aplikasi tersebut agar apache bisa dijalankan. Saya akan memberikan dua contoh kasus yang berbeda.

    Contoh kasus yang pertama, pesan error yang muncul ketika menjalankan apache:


    Dari pesan error diatas, kita bisa langsung mengetahui aplikasi yang menggunakan port 80 yaitu “vmware-hostd.exe”. Jika aplikasi nya sudah diketahui kita bisa menghentikan proses aplikasi tersebut dengan menggunakan Task Manager atau Command Prompt.

    Contoh kasus yang kedua, pesan error yang muncul ketika menjalankan apache:


    Dari contoh kasus diatas, pesan error tidak memberitahukan nama aplikasinya. Sehingga kita tidak mengetahui aplikasi apa yang menggunakan port 80. Tetapi kita bisa mencarinya dari keterangan: “with PID 3068”.

    PID adalah singkatan dari “process ID”, yakni identitas internal sebuah aplikasi oleh sebuah sistem operasi. Nomor PID ini kemungkinan besar akan berbeda-beda, tergantung urutan proses yang sedang berjalan. Untuk mencari tahu nama aplikasi berdasarkan nomor PID, kita bisa menggunakan Task Manager atau Command Prompt.

    Pada artikel ini saya menggunakan Command Prompt untuk mencari nama aplikasi berdasarkan nomor PID dan menghentikan proses aplikasinya. Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut.

    1. Buka Command Prompt dengan cara klik Start –> All Programs –> Accessories –> Command Prompt (atau bisa juga dengan menekan Windows+R kemudian ketik cmd, lalu enter)


    2. Setelah Command Prompt muncul, ketikan tasklist lalu enter, tampilannya akan seperti gambar di bawah:


    3. Kemudian cari nama aplikasi dengan PID 3068. Dari gambar diatas kita bisa mengetahui nama aplikasi yang memakai port 80 adalah “httpd.exe”

    4. Selanjutnya ketikan “tskill 3068” (tanpa tanda kutip)  kemudian enter, maka akan mematikan proses httpd.exe.

    Sekarang Kita jalankan kembali XAMPP Control Panel, kemudian klik tombol start pada Apache. Jika semuanya berjalan lancar, maka Apache sudah bisa berjalan menggunakan port 80.


    Jika cara diatas sudah dijalankan dan masih terdapat error, solusi alternatif berikutnya adalah dengan mengganti port Apache dan MySQL. Bagaimana langkah-langkah nya, akan saya bahas pada artikel berikutnya.


    Hosting Unlimited Indonesia

    Indra Setyawantoro

    Author

    Saya senang belajar coding, karena coding mengajarkan saya bagaimana cara berpikir.

    0 komentar:

    Post a Comment

    Copyright © 2015 Indra Satya Blogger Templates