• Sunday, April 3, 2016

    Cara Mengubah Port Default MySQL di XAMPP



    Pada artikel sebelumnya kita telah mempelajari cara mengganti port default apache di XAMPP. Sekarang kita akan mempelajari cara mengubah port default MySQL di XAMPP. Secara default, MySQL Server menggunakan port 3306.


    Cara Mengubah Port Default MySQL di XAMPP

    Cara mengubah port MySQL hampir sama dengan mengubah port Apache, hanya berbeda file konfigurasinya, yaitu file my.ini. Sama seperti saat mengubah port apache, Kita bisa mengubah port MySQL melalui XAMPP Control Panel atau mengakses file tersebut secara manual pada folder instalasinya. Contoh jika XAMPP diinstall di C:\xampp, maka lokasi foldernya akan berada di C:\xampp\mysql\bin.

    Sekarang jalankan XAMPP Control Panel. Jika MySQL Server sedang berjalan, silahkan matikan terlebih dahulu. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

    Klik tombol config pada bagian actions MySQL, kemudian pilih my.ini.


    Kemudian pada file my.ini yang telah terbuka, Cari baris “port = 3306” untuk MySQL client seperti gambar dibawah ini. Kemudian ubah “port = 3306” menjadi “port = 3307”.


    Masih di file yang sama, cari baris “port = 3306” untuk MySQL server seperti gambar dibawah ini. Kemudian ubah “port = 3306” menjadi “port = 3307”. Jika sudah simpan pengaturan dan tutup file my.ini.


    Sekarang jalankan XAMPP Contol Panel, lalu klik Start pada MySQL. Jika pada bagian port sudah berubah menjadi 3307 dan tidak ada error berarti kita telah sukses mengubah port MySQL.


    Cara Mengubah Pengaturan Port MySQL untuk phpMyAdmin

    Selanjutnya agar phpMyAdmin bisa mengakses database MySQL, kita harus mengubah file kofigurasinya. Caranya, klik tombol config pada bagian actions apache, kemudian pilih phpMyAdmin (config.inc.php). Atau kita juga bisa mengakses file tersebut secara manual pada folder instalasinya. Contoh jika XAMPP diinstall di C:\xampp, maka lokasi filenya akan berada di C:\xampp\phpMyAdmin\config.inc.php.


    Kemudian cari baris $cfg['Servers'][$i]['host'] = '127.0.0.1'; pada file config.inc.php yang telah terbuka, seperti gambar dibawah ini. Lalu ubah menjadi $cfg['Servers'][$i]['host'] = '127.0.0.1:3307';


    Jika sudah diubah, simpan pengaturan dan tutup file config.inc.php. Kemudian buka XAMPP Contol Panel, jalankan kembali Apache dan MySQL. Selanjutnya coba buka phpMyAdmin, jika berjalan seperti pada gambar dibawah ini dan tidak muncul error maka kita telah berhasil mengubah port default MySQL dan Mengubah pengaturan port MySQL untuk phpMyAdmin.


    Dalam artikel ini kita telah mempelajari cara mengubah port default MySQL di XAMPP. Semoga artikel ini bermanfaat dan jika ada yang mengalami kesulitan atau ada yang ingin ditanyakan, silahkan berikan komentar dibawah.

    Hosting Unlimited Indonesia

    Indra Setyawantoro

    Author

    Saya senang belajar coding, karena coding mengajarkan saya bagaimana cara berpikir.

    2 komentar:

    Copyright © 2015 Indra Satya Blogger Templates