• Thursday, May 5, 2016

    Sistem Informasi Kunjungan Klien


    Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera merupakan wadah kegiatan dan atau rangkaian untuk memberikan pelayanan keluarga dan masyarakat umum melalui pemberian layanan data dan informasi KKB, layanan konsultasi, konseling, bimbingan dan fasilitasi bagi seluruh masyarakat.

    Sistem Informasi Kunjungan Klien pada Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) ini adalah aplikasi yang digunakan untuk membantu PPKS dalam mengolah data kunjungan klien. Data Kunjungan sebelumnya hanya dicatat dalam buku, hal ini akan mengakibatkan penumpukan arsip dalam bentuk buku dan akan menyulitkan petugas dalam pencarian data. Dengan aplikasi ini, petugas akan lebih mudah dalam menyimpan data dan melakukan pencarian data jika sewaktu-waktu diperlukan karena data sudah tersimpan dalam database.

    Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Untuk cara mengakses databasenya menggunakan PDO (PHP Data Objects), serta menggunakan prepared statements untuk membuat query. Tujuannya agar query menjadi lebih aman dan cepat (jika perintah yang sama akan digunakan beberapa kali).
    Desain tampilan aplikasi ini menggunakan CSS Bootstrap. Untuk cetak laporan nya dibuat dalam format PDF menggunakan library html2pdf. Selain itu dalam aplikasi ini dapat dipelajari juga bagaimana menggunakan JQuery DataTables untuk membuat tabel yang dinamis dan menggunakan  Jquery Select2 untuk membuat combo box yang lebih dinamis.
               
    Fitur Apilkasi
    1. Login
    Halaman login multi user. ada 2 level user yaitu admin dan user.
    2. Data Konselor
    Halaman untuk mengolah data konselor.
    3. Data Keperluan
    Halaman untuk mengolah data keperluan kunjungan.
    4. Data Klien
    Halaman untuk mengolah data klien.
    5. Data Kunjungan
    Halaman untuk menginputkan data kunjungan baru dan mengolah data kunjungan.
    6. Laporan Kunjungan
    Halaman untuk mencetak laporan kunjungan per bulan.
    7. Ubah Password
    Halaman untuk mengubah password user.

    Tampilan Sistem Informasi Kunjungan Klien

    Halaman Login

    Halaman Beranda

    Halaman Data Klien

    Halaman Data Konselor

    Halaman Data Keperluan

    Halaman Data Kunjungan

    Halaman Laporan Kunjungan

    Cetak Laporan PDF

    Halaman Data User

    Halaman Ubah Password

    Sistem Informasi Kunjungan Klien ini bisa teman-teman jadikan sebagai referensi Skripsi atau Tugas Akhir. Script didalam aplikasi ini dapat dipelajari dengan mudah karena sudah saya berikan komentar pada setiap prosesnya, sehingga dapat digunakan sebagai referensi bagi teman-teman yang baru belajar pemrograman PHP menggunakan PDO (PHP Data Objects) dengan prepared statements.

    Jika teman-teman tertarik untuk mempelajari Sistem Informasi Kunjungan Klien berbasis web ini, silahkan download melalui link dibawah ini


    Hosting Unlimited Indonesia

    Indra Setyawantoro

    Author

    Belajar untuk Mengajar, Mengajar untuk Belajar.

    0 komentar:

    Post a Comment

    Copyright © 2015 - 2023 Indra Satya. All rights reserved. Blogger Templates