• Wednesday, June 1, 2016

    Bahasa Markup dan Bahasa Pemrograman


    Menurut Wikipedia, Bahasa Markup adalah sistem modern untuk menganotasi dokumen dengan cara yang sintaksis dibedakan dari teks. Markup disisipkan kedalam teks yang memuat tentang detail dan struktur teks. Markup menginstruksikan perangkat lunak untuk menampilkan teks guna melakukan tindakan yang tepat, tetapi tidak tampak pada versi teks yang ditampilkan kepada pengguna.

    Sedangkan Bahasa Pemrograman atau sering disebut juga dengan bahasa komputer adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar mempunyai fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan atau diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

    Dari pengertian tersebut, kita bisa menyimpulkan bahasa pemrograman adalah bahasa yang menghubungkan antara kita dengan komputer dan bahasa markup mengatur tampilan teks yang akan kita lihat. berikut adalah beberapa contoh bahasa markup dan bahasa pemrograman yang sering digunakan dalam membuat sebuah website.

    HTML
    HTML merupakan singakatan dari Hyper Text Markup Language, yaitu bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet. HTML saat ini merupakan sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. 
    HTML memformat hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Jadi pada HTML belum ada yang namanya if, for, while, dan lain-lain, karena HTML hanya digunakan untuk membuat tampilan sebuah website. Dengan HTML, kita bisa membuat sebuah website yang statis.

    CSS
    Cascading Style Sheet atau biasa disingkat CSS, merupakan aturan untuk mengatur beberapa komponen dalam sebuah web sehingga menjadi lebih terstruktur dan seragam. Umumnya CSS dipakai untuk memformat tampilan halaman web yang dibuat dengan bahasa HTML dan XHTML. 
    CSS dapat mengendalikan ukuran gambar, warna teks, warna tabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouse over, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri, kanan, atas, bawah, dan lain-lain. Jadi, dengan CSS kita bisa membuat halaman website kita menjadi lebih indah dan nyaman dilihat.

    XML
    XML merupakan singkatan dari Extensible Markup Language, adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet. XML didesain untuk mampu menyimpan data secara ringkas dan mudah diatur.

    ASP
    Active Server Pages atau disingkat ASP adalah salah satu bahasa pemrograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis. ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP diproses melalui web server dan hasil proses ini menghasilkan HTML yang akan dikirimkan melalui penjelajah web (browser). ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting. Dengan adanya ASP, maka kita bisa mengubah website dari HTML yang statis menjadi website yang dinamis.

    PHP
    Hypertext Preprocessor atau disingkat PHP adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting. PHP banyak dipakai oleh programmer untuk membuat website. PHP dapat digunakan untuk membuat website yang dinamis dan dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS (Content Management System)

    JavaScript
    JavaScript adalah bahasa skrip yang berjalan pada sisi klien atau client side. JavaScript merupakan bahasa skrip yang populer diinternet dan dapat berkerja disebagian besar web browser populer seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, dan lain-lain.
    Kode JavaScript biasanya dituliskan dalam bentuk fungsi yang ditaruh di tag <head> yang dibuka dengan tag <script type="text/javascript">Kode JavaScript juga bisa diletakkan di file tersendiri yang berekstensi .js (singkatan dari JavaScript). Dengan JavaScript kita bisa membuat website yang lebih interaktif, sehingga website menjadi lebih menarik.

    Sekian penjelasan tentang Bahasa Markup dan Bahasa Pemrograman serta beberapa contohnya. Semoga bermanfaat..

    Hosting Unlimited Indonesia

    Indra Setyawantoro

    Author

    Saya senang belajar coding, karena coding mengajarkan saya bagaimana cara berpikir.

    0 komentar:

    Post a Comment

    Copyright © 2015 Indra Satya Blogger Templates