• Monday, July 25, 2016

    Aplikasi Pengolahan Data Penerima Beasiswa


    Aplikasi Pengolahan Data Penerima Beasiswa ini adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan pendataan mahasiswa yang berhak menerima beasiswa berdasarkan IPK dan gaji orang tua. Aplikasi yang saya buat untuk tujuan pembelajaran ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Untuk cara mengakses databasenya menggunakan PDO (PHP Data Objects), serta menggunakan prepared statements untuk membuat query yang lebih aman dan cepat.
                                                      
    Materi yang dapat dipelajari dari aplikasi sederhana ini selain proses create, read, update, delete, dan search adalah bagaimana melakukan seleksi data dari beberapa tabel dengan kondisi tertentu. Selain itu juga dapat dipelajari bagaimana mendesain tampilan aplikasi menggunakan CSS Bootstrap, menggunakan JQuery DataTables untuk membuat tabel yang dinamis, mengupload gambar ke database, membuat grafik menggunakan Hightchart, dan membuat export data dari database ke Microsoft Excel.
               
    Fitur Apilkasi
    1.   Login
    Halaman login multi user. Ada 2 level user yaitu admin dan user.
    2.   Dashboard
    Setelah user berhasil login, maka akan diarahkan ke halaman Dashboard. Halaman ini berisi menu aplikasi dan grafik. Terdapat 2 grafik pada dashboard, grafik line menunjukan informasi jumlah penerima beasiswa berdasarkan program studi, sedangkan grafik pie menunjukan informasi jumlah penerima beasiswa berdasarkan jenis kelamin.


    3.   Data Program Studi
    Halaman untuk mengolah data program studi.
    4.   Data Mahasiswa
    Halaman untuk mengolah data mahasiswa. Pada halaman ini user dapat menginput, mengubah, menghapus, dan mencari data mahasiswa serta mengupload foto mahasiswa. Data mahasiswa juga dapat diexport kedalam bentuk micosoft excel.


    5.   Data Penerima Beasiswa
    Halaman untuk mengolah data mahasiswa penerima beasiswa. Mahasiswa diseleksi berdasarkan IPK dan gaji orang tua. Data mahasiswa penerima beasiswa dapat diexport kedalam bentuk micosoft excel.


    6.   Manajemen User
    Halaman untuk mengolah data user yang dapat menggunakan aplikasi.
    7.   Profil User
    Halaman yang menunjukan informasi profil user yang sedang login. Pada halaman ini user dapat mengubah informasi profilnya masing-masing.
    8.   Ubah Password
    Halaman untuk mengubah password user.

    Demo Aplikasi

    Script didalam aplikasi ini dapat dipelajari dengan mudah karena sudah saya berikan komentar pada setiap prosesnya, sehingga dapat digunakan sebagai referensi bagi teman-teman yang sedang mengerjakan tugas kuliah, Skripsi, Tugas Akhir, atau yang baru belajar pemrograman PHP.

    Jika teman-teman tertarik untuk mempelajari Aplikasi Pengolahan Data Penerima Beasiswa berbasis web ini, silahkan download melalui link dibawah ini


    Hosting Unlimited Indonesia

    Indra Setyawantoro

    Author

    Belajar untuk Mengajar, Mengajar untuk Belajar.

    1 komentar:

    Copyright © 2015 - 2023 Indra Satya. All rights reserved. Blogger Templates