• Sunday, March 25, 2018

    Sistem Informasi Arsip Digital Surat Keputusan


    Sistem Informasi Arsip Digital Surat Keputusan adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola penyimpanan arsip Surat Keputusan dalam bentuk dokumen elektronik. Arsip khususnya Surat Keputusan merupakan hal yang tidak dapat dihindari dalam suatu instansi. Dengan adanya Sistem Informasi Arsip Digital Surat Keputusan pada sebuah instansi akan memberikan efisiensi dan keamanan penyimpan arsip surat serta mempermudah pegawai dalam mencari informasi surat keputusan.
                                                            
    Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP Versi 7 dan database MySQL. Untuk cara mengakses databasenya menggunakan MySQLi Extension dengan konsep pemrograman prosedural. Template aplikasi menggunakan Robust Admin Lite dengan tampilan yang fleksibel dan modern.
               
    Fitur Apilkasi
    1.    Login
    Halaman login multi user. Ada 2 level user yaitu :
    -  Admin
    Hak akses : Beranda, Surat Keputusan, Manajemen User, Backup Database, Pencarian Arsip, Ubah Password, Tentang Aplikasi, dan Petunjuk Aplikasi.
    -  User
    Hak akses : Beranda, Surat Keputusan, Pencarian Arsip, Ubah Password, Tentang Aplikasi, dan Petunjuk Aplikasi.
    2.    Beranda
    Setelah user berhasil login, maka akan diarahkan ke halaman Beranda. Halaman ini berisi informasi jumlah total seluruh arsip, jumlah total arsip pertahun berjalan, jumlah pengguna aplikasi, dan tanggal terakhir backup database.
    3.    Pencarian Arsip
    Fitur pencarian arsip surat keputusan terletak pada sidebar menu yang dapat digunakan untuk mencari data arsip surat keputusan berdasarkan nomor surat keputusan atau nama surat keputusan.
    4.    Surat Keputusan
    Halaman untuk mengolah data arsip surat keputusan. Pada halaman ini pengguna dapat menginput sekaligus upload dokumen elektronik, mengubah, menghapus, dan mencari data arsip surat keputusan. Pada halaman ini pengguna juga dapat melihat dokumen elektronik arsip yang telah diupload, serta dapat mengexport data arsip surat keputusan dalam bentuk PDF dan Excel.
    5.    Manajemen User
    Halaman untuk mengolah data user yang dapat menggunakan aplikasi.
    6.    Backup Database
    Halaman untuk melakukan backup database aplikasi.
    7.    Ubah Password
    Halaman untuk mengubah password pengguna aplikasi.
    8.    Tentang Aplikasi
    Halaman yang berisi informasi tentang aplikasi.
    9.    Petunjuk Aplikasi
    Halaman yang berisi informasi petunjuk penggunaan aplikasi.
                                                                           
    Demo Aplikasi


    Script didalam aplikasi ini dapat dipelajari dengan mudah karena sudah saya berikan komentar pada setiap prosesnya, sehingga dapat digunakan sebagai referensi bagi teman-teman yang sedang mengerjakan tugas kuliah, Skripsi, Tugas Akhir, atau yang baru belajar pemrograman PHP.

    Jika teman-teman tertarik untuk mempelajari Sistem Informasi Arsip Digital Surat Keputusan berbasis web ini, silahkan download melalui link dibawah ini


    Hosting Unlimited Indonesia

    Indra Setyawantoro

    Author

    Belajar untuk Mengajar, Mengajar untuk Belajar.

    0 komentar:

    Post a Comment

    Copyright © 2015 - 2023 Indra Satya. All rights reserved. Blogger Templates