• Monday, May 18, 2015

    10 Plugin Sublime Text yang Wajib Diinstall untuk Web Development


    Bagi para Developers untuk meningkatkan semangat dalam membuat aplikasi tentu peranan IDE atau text editor sangat penting. Dengan bekerja berjam-jam jika editornya tidak eye catching maka akan timbul rasa bosan. Selain itu fitur-fitur IDE atau text editor juga perlu diperhatikan untuk mempercepat dalam pengembangan aplikasi.
    Ketika saya memulai sebagai Web Developer, saya mencari aplikasi-aplikasi text editor yang ringan dan open source untuk membuat website. Lalu saya memutuskan untuk memakai Sublime Text sebagai text editor saya. Sublime Text prosesnya sangat ringan dengan tampilan yang elegan. Selain itu Sublime Text memiliki fitur dan kinerja yang luar biasa. Fitur dan kinerja yang luar biasa tersebut terletak pada plugin yang bisa kita install dengan mudah. saya memiliki plugin-plugin favorit yang sering saya gunakan untuk membantu dalam proses pengembangan website. Berikut plugin Sublime Text yang sering digunakan:

    Package Control

    Package control merupakan fitur package manajer. Plugin ini harus diinstal terlebih dahulu setelah Sublime Text diinstal. Dengan menggunakan package control, kita dapat menginstal, meng-upgrade, menghapus dan melihat paket atau plugin pada Sublime Text kita dengan sangat mudah.

    All Autocomplete

    Sebenarnya Sublime Text sudah menyediakan layanan auto complete berdasarkan kata yang pernah diketikkan dalam file yang sama. Tetapi, Sublime Text kini menyediakan tools dengan nama All AutoComplete yang merupakan plugin tambahan yang berguna untuk melengkapi teks secara otomatis dengan menampilkan berbagai kemungkinan sesuai kata yang kita ketik. Dengan All AutoComplete, kita dapat dengan cepat dan mudah untuk main coding.

    DocBlockr

    DocBlockr merupakan plugin pembuat comments/komentar yang berguna untuk dokumentasi. DocBlockr memungkinkan Anda membuat dokumentasi atau penjelasan untuk kode Anda dengan mudah, Dengan hanya mengetikkan ‘/**’ dan enter, sublime yang telah terinstall docblockr akan secara otomatis membuatkan dokumentasi atau penjelasan dengan parsing fungsi, parameter, variabel, dan beberapa dokumentasi lain yang memungkinkan untuk dibuat.

    Emmet

    Emmet adalah Plugin text editor yang paling produktif dan menghemat waktu. karena Emmet memungkinkan kita untuk menulis HTML dan CSS lebih cepat dengan singkatan / shortcut sintak kode yang lumayan pendek. kemudian memperluas mereka dalam tag HTML yang valid. Ini adalah salah satu plugin favorit saya yang paling sering digunakan.

    Alignment

    Alignment merupakan keselarasan pada teks atau tulisan. Dengan menggunakan plugin Alignment ini, kita dapat mengatur keselarasan tulisan/teks yang kita buat secara cepat menggunakan quick key sehingga membuatnya rapi dan lebih mudah dibaca.
    Fitur-fitur yang disediakan, seperti:
    • menyelaraskan semua baris yang terpilih dengan menyisipkan spasi atau tab sesuai baris pertama yang dipilih
    • menyelaraskan semua baris yang terpilih dengan tingkat level indent yang sama
    • menyelaraskan semua baris yang terpilih yang terdapat simbol ‘=’ dengan menyisipkan spasi.

    SideBarEnhancements

    SideBarEnhancements merupakan plugin tambahan yang menyediakan operasi pada side bar file dan folder pada Sublime Text.  Operasi tambahan lain pada SideBarEnhancements ialah:
    • Menyediakan operasi penghapusan file ke Recycle, open with, dan clipboard.
    • Layanan untuk menutup, membuka, memindahkan, dan mengembalikan buffers yang dipengaruhi oleh perubahan nama atau perpindahan command.c. Preferensi untuk mengkontrol jika buffer harus ditutup bila dipengaruhi oleh proses penghapusan.
    • Memberikan layanan membuat file/folder baru, membuka atau menjalankan, mencari, meng-cutcopy-paste, mengubah nama, menindahkan, menghapus, dan refresh.
    • Kecanggihan lainnya, ialah: menyalin sebagai URI, URL, konten sebagai UTF8, konten sebagai data Base64 URI, salin sebagai image (img/script/style), dan duplicate.
    • Memungkinkan untuk menampilkan tanggal perubahan file, dan ukuran file.

    Terminal

    Terminal merupakan tempat eksekusi beberapa program, salah satunya program bahasa c. Plugin Terminal digunakan untuk membuka otomatis terminal berdasarkan folder tempat menyimpan file. Hanya dengan ctrl+shift+t, kita dapat langsung membuka terminal dan direktorinya.

    Color Picker

    Biasanya saya harus membuka aplikasi Photoshop atau masuk website yang menyediakan color picker untuk mendapatkan kode dari warna tertentu. Nah sekarang dengan Plugin Color Picker saya bisa mengambil kode-kode warna dari bentuk RGB sampai yang Hexadesimal.

    Markdown Preview

    Biasanya saya menggunakan plugins ini untuk mempreview file.html tanpa harus mencari file dulu di folder lalu open with browser.

    Trimmer

    Trimmer merupakan plugin tambahan SublimeText yang berguna untuk membantu menghapus spasi yang tidak berguna dan dapat menyebabkan kesalahan pada kode JavaScript. Cara menggunakannya pun sangat mudah, hanya dnegan blok / sorot dan klik ctrl + shift + s.
    Fitur-fitur lain yang dapat kita gunakan setelah install trimmer adalah:
    Memotong spasi diawal dan/atau diakhir setiap baris, menghapus baris kosong / garis spasi, menghapus karakter spasi, mengganti beberapa simbol yang tidak sesuai, seperti:
    • Smart single quotes: ’‘ menjadi ”
    • Smart double quotes: “” menjadi “”
    • Ellipsis: … menjadi …
    • Em dash: — menjadi —
    • En dash: – menjadi –
    • Middle dot: • menjadi *


    Demikianlah nama-nama plugin yang dapat saya bagikan ke teman-teman semua. ini adalah plugin-plugin favorit yang sering saya gunakan untuk membantu dalam proses pengembangan website. Jika ingin mendapatkan yang lebih lengkap lagi, kalian dapat akses ke Package Control.
    Semoga bermanfaat…

    Hosting Unlimited Indonesia

    Indra Setyawantoro

    Author

    Belajar untuk Mengajar, Mengajar untuk Belajar.

    2 komentar:

    Copyright © 2015 - 2023 Indra Satya. All rights reserved. Blogger Templates