• Saturday, May 13, 2017

    Aplikasi CRUD dengan PHP Data Objects (PDO) dan Bootstrap Modal

    CRUD merupakan singkatan dari Create, Read, Update, dan Delete. Operasi CRUD adalah dasar yang harus diketahui oleh setiap programmer, karena Operasi CRUD merupakan operasi dasar yang akan selalu digunakan dalam membangun sebuah sistem.

    Aplikasi CRUD dengan PHP Data Objects (PDO) dan Bootstrap Modal ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Untuk cara mengakses databasenya menggunakan PDO (PHP Data Objects) dengan menerapkan prepared statements untuk membuat query. Tujuannya agar query menjadi lebih aman dan cepat (jika perintah yang sama akan digunakan beberapa kali).

    Desain tampilan aplikasi ini menggunakan CSS Bootstrap. Pada aplikasi ini saya menerapkan Bootstrap Modal untuk membuat form input data.
    Fitur Aplikasi
    1.   Create (Menyimpan Data)
    Menyimpan/insert data dari aplikasi ke database MySQL menggunakan Bootstrap Modal untuk membuat form input data.
    2.   Read (Menampilkan Data)
    Membaca atau menampilkan data dari database MySQL ke aplikasi menggunakan JQuery DataTables. Tabel sudah dilengkapi dengan filter jumlah data yang ditampilkan, form pencarian data dan pagination.
    3.   Update (Mengubah Data)
    Mengubah/update data pada database MySQL melalui apilkasi. Menggunakan Bootstrap Modal untuk menampilkan form ubah data.
    4.   Delete (Menghapus Data)
    Menghapus/delete data pada database MySQL melalui aplikasi. Menggunakan Bootstrap Modal untuk menampilkan notifikasi hapus data.
    5.   CSS Bootstrap 3
    Membuat tampilan aplikasi menggunakan CSS Bootstrap 3 dengan menerapkan Bootstrap Modal untuk membuat form input data.

    Script didalam aplikasi ini dapat kalian pelajari dengan mudah karena sudah saya berikan komentar pada setiap prosesnya. Semoga aplikasi ini dapat menjadi referensi bagi teman-teman yang sedang belajar membuat aplikasi berbasis web menggunakan PDO (PHP Data Objects) dengan prepared statements dan Bootstrap Modal.

    Jika teman-teman tertarik untuk mempelajari Aplikasi CRUD dengan PHP Data Objects (PDO) dan Bootstrap Modal ini, silahkan download melalui link dibawah ini


    Hosting Unlimited Indonesia

    Indra Setyawantoro

    Author

    Belajar untuk Mengajar, Mengajar untuk Belajar.

    4 komentar:

    1. Makasih Mas Indra ... saya ijin pelajari sourcecode nya yaaa

      ReplyDelete
    2. terima kasih mas,,,
      saya izin download & edit source kodenya iya..
      :) :)

      ReplyDelete
    3. mas izin download ya untuk tugas kuliah trima kasih.

      ReplyDelete

    Copyright © 2015 - 2023 Indra Satya. All rights reserved. Blogger Templates