• Monday, May 25, 2015

    Pengenalan Web Server dan Server Side Scripting

    Apa itu Web Server ?

    Web Server adalah perangkat lunak dalam server yang berfungsi menerima permintaan (request) berupa halaman web melalui HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali (response) hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.


    Jenis-jenis Web Server

    Saat ini tersedia banyak aplikasi web server diantaranya adalah Apache Web Server, Apache Tomcat, Internet Information Service (IIS), Light HTTP, Jigsaw, Sun Java System Web Server, Xitami Web Server dan Zerus Web Server.  Berikut ini penjelasan web server yang sering digunakan.


    Apache Web Server

    Apache Web Server (Server Web/WWW Apache) adalah server web yang dapat dijalankan dibanyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP.
    Apache merupakan perangkat lunak opensource, dikembangkan oleh komunitas terbuka yang terdiri dari pengembang-pengembang dibawah naungan Apache Software Foundation.

    IIS (Internet Information Service)

    IIS atau Internet Information Service adalah sebuah HTTP web server yang digunakan dalam sistem operasi server Windows, mulai dari Windows NT 4.0 server, Widows 2000 Server atau Windows Server 2003. Layanan ini merupakan layanan terintegrasi dalam Windows 2000 Server, Windows Server 2003 atau sebagai add-on dalam Windows NT 4.0. Layanan ini berfungsi sebagai pendukung protokol TCP/IP yang berjalan dalam lapisan aplikasi (Application Layer).


    Apache Tomcat

    Apache Tomcat adalah sebuah open source web server yang dikembangkan oleh Apache Sofware Foundation (ASF). Tomcat mengimplementasikan Java Servlet dan juga Java Servlet Page (JSP) spesifikasi dari Oracle Corporation, dan menyediakan HTTP web server yang bisa dijalankan dengan kode java.



    Server Side Scripting

    Server Side Scripting merupakan sebuah teknologi scripting atau pemrograman web dimana script(program) dikompilasi atau diterjemahkan di server. Dengan server side scripting, memungkinkan untuk menghasilkan halaman web yang dinamis.
    Beberapa contoh Server Side Scripting (Programming) :
    1. ASP (Active Server Page) dan ASP.NET
    2. ColdFusion (http://www.macromedia.com/software/coldfusion)
    3. Java Server Pages (http://java.sun.com/products/jsp/)
    4. Perl (http://www.perl.org)
    5. Phyton (http://www.python.org)
    6. PHP (http://www.php.net)
    Demikian artikel Pengenalan Web Server dan Server Side Scripting. Pada artikel selanjutnya saya akan menjelaskan bagaimana proses instalasi web server local atau offline menggunakan Apache Web Server.
    Semoga bermanfaat..

      Hosting Unlimited Indonesia

      Indra Setyawantoro

      Author

      Belajar untuk Mengajar, Mengajar untuk Belajar.

      0 komentar:

      Post a Comment

      Copyright © 2015 - 2023 Indra Satya. All rights reserved. Blogger Templates