• Thursday, July 19, 2018

    Aplikasi Antrian Pengunjung Berbasis Web



    Aplikasi Antrian Pengunjung merupakan sistem manajemen yang digunakan untuk mengelola antrian pengunjung pada suatu perusahaan atau instansi. Aplikasi antrian dapat digunakan sebagai sarana untuk mencapai kinerja efektif dan efisien bagi perusahaan atau instansi dalam melayani pengunjung.
                                          
    Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP Versi 5 dan database MySQL. Untuk cara mengakses databasenya menggunakan MySQLi Extension dengan object oriented style.
               
    Fitur Apilkasi
    Aplikasi Antrian Pengunjung ini terdiri dari 4 interface, yaitu Nomor Antrian, Dashboard Antrian, Panggilan Antrian, dan Admin.

    1. Nomor Antrian
    Untuk tampilan pengunjung dapat diterapkan dengan mesin antrian touchscreen yang menggunakan komputer layar sentuh. Layar sentuh digunakan sebagai tombol pencetak nomor antrian. Pengunjung dapat menekan tombol pada layar dan kemudian kertas nomor antrian keluar melalui printer. Pada aplikasi ini menggunakan printer Thermal dan extensi php_printer.dll untuk melalukan print langsung (direct printing) ke printer tanpa dialog konfirmasi printer.


    2. Dashboard Antrian
    Dashboard antrian menampilkan informasi antrian pengunjung yang sedang dipanggil pada masing-masing loket. Dilengkapi dengan video yang dapat digunakan untuk menampilkan profil perusahaan, informasi produk, dll.


    3. Panggilan Antrian
    Halaman ini menampilkan informasi jumlah antrian, nomor antrian yang sedang dipanggil, nomor antrian selanjutnya yang akan dipanggil, sisa antrian yang belum dipanggil, dan nomor antrian yang sedang dipanggil pada masing-masing loket. Petugas loket dapat melalukan login pada aplikasi sesuai dengan loket masing-masing. Setelah itu petugas loket dapat menekan tombol panggilan antrian pada layar untuk memanggil antrian dengan menggunakan suara yang bisa dihubungkan dengan alat pengeras suara. Untuk suara panggilan antrian pada aplikasi ini menggunakan library ResponsiveVoice.JS.


    4. Admin
    Halaman admin digunakan untuk konfigurasi aplikasi antrian pengunjung. Pada halaman Beranda menampilkan informasi jumlah loket, jumlah pengguna aplikasi, informasi tanggal backup database terakhir, jumlah antrian yang sudah dipanggil pada masing-masing loket, dan profil perusahaan atau instansi. Selain itu juga terdapat menu Konfigurasi Aplikasi untuk mengisikan informasi profil perusahaan atau instansi, Manajemen User untuk mengolah data pengguna aplikasi, dan Backup Database untuk melalukan backup database aplikasi.


    Script didalam aplikasi ini dapat dipelajari dengan mudah karena sudah saya berikan komentar pada setiap prosesnya, sehingga dapat digunakan sebagai referensi bagi teman-teman yang sedang mengerjakan tugas kuliah, Skripsi, Tugas Akhir, atau yang baru belajar pemrograman PHP.

    Jika teman-teman tertarik untuk mempelajari Aplikasi Antrian Pengunjung Berbasis Web ini, silahkan download melalui link dibawah ini


    Hosting Unlimited Indonesia

    Indra Setyawantoro

    Author

    Belajar untuk Mengajar, Mengajar untuk Belajar.

    2 komentar:

    1. Mantap sekali mas aplikasinya...
      Terima kasih banyak mas..
      saya izin donwload aplikasinya mas untuk saya kembangkan lagi...
      Terima kasih banyak..

      ReplyDelete
    2. Terima kasih mas
      saya izin mengembangkan aplikasi antriannya mas...

      ReplyDelete

    Copyright © 2015 - 2023 Indra Satya. All rights reserved. Blogger Templates