• Thursday, October 25, 2018

    Aplikasi Pengolahan Data Pegawai dengan PHP 7, MySQLi, DataTables ServerSide, dan Bootstrap 4


    Aplikasi Pengolahan Data Pegawai ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP 7 dan database MySQL. Untuk cara mengakses databasenya menggunakan MySQLi Extension dengan antarmuka Object Oriented.
                                                      
    Materi yang dapat dipelajari dari aplikasi ini selain proses create, read, update, dan delete, adalah bagaimana menggunakan JQuery DataTables Server-side Processing untuk membuat tabel yang dinamis dengan fitur cukup lengkap seperti filter, pagination, show perpage, dan sort by. DataTables Server-side Processing adalah salah satu cara terbaik untuk menampilkan data dari database dalam jumlah yang sangat besar. Dengan menggunakan metode ini, aplikasi yang memiliki banyak data, akan terasa ringan ketika di load.
                                                             
    Selain itu juga dapat dipelajari bagaimana mendesain tampilan aplikasi menggunakan CSS Bootstrap 4, membuat laporan dalam format PDF menggunakan library html2pdf, dan membuat export data dalam format Excel.
               
    Fitur Apilkasi
    1.     Create (Menyimpan Data)
    Membuat script untuk menyimpan/insert data dari aplikasi ke database MySQL.
    2.     Read (Menampilkan Data)
    Membuat script untuk membaca atau menampilkan data dari database MySQL ke aplikasi. Menampilkan semua data yang ada pada database dan menampilkan data dengan kriteria tertentu.
    3.     Update (Mengubah Data)
    Membuat script untuk mengubah/update data pada database MySQL melalui apilkasi.
    4.     Delete (Menghapus Data)
    Membuat script untuk menghapus/delete data pada database MySQL melalui aplikasi.
    5.     Upload File
    Membuat script untuk mengupload file foto, membuat validasi tipe file, membuat validasi ukuran file dan membuat preview foto sebelum diupload.
    6.     Cetak PDF
    Membuat script untuk mencetak data dalam bentuk PDF menggunakan library html2pdf.
    7.     Export Excel
    Membuat script untuk export data ke dalam bentuk Excel.
    8.     JQuery DataTables Server-side Processing
    Membuat tabel menggunakan JQuery DataTables Server-side Processing untuk menampilkan data dari database MySQL dalam jumlah yang sangat besar. Sehingga  aplikasi yang memiliki banyak data, akan terasa ringan ketika di load. Tabel sudah dilengkapi dengan filter jumlah data yang ditampilkan, form pencarian data dan pagination.
    9.     CSS Bootstrap 4
    Membuat tampilan aplikasi menggunakan CSS Bootstrap 4.
    10.  Validasi Form Input
    Membuat fungsi untuk input form wajib diisi dan membatasi karakter yang diinputkan. Bisa diinputkan huruf, angka atau karakter tertentu saja.
    11.  Keamanan dasar untuk mencegah SQL injection
    Membuat keamanan dasar untuk mencegah SQL injection saat proses input data. Menghilangkan spasi dibelakang dan didepan kata yang diinputkan.

    Script didalam aplikasi ini dapat dipelajari dengan mudah karena sudah saya berikan komentar pada setiap prosesnya, sehingga dapat digunakan sebagai referensi bagi teman-teman yang sedang belajar pemrograman PHP.

    Jika teman-teman tertarik untuk mempelajari Aplikasi Pengolahan Data Pegawai dengan PHP 7, MySQLi, DataTables ServerSide, dan Bootstrap 4 berbasis web ini, silahkan download melalui link dibawah ini


    Hosting Unlimited Indonesia

    Indra Setyawantoro

    Author

    Belajar untuk Mengajar, Mengajar untuk Belajar.

    0 komentar:

    Post a Comment

    Copyright © 2015 - 2023 Indra Satya. All rights reserved. Blogger Templates