• Tuesday, May 15, 2018

    Sistem Informasi Administrasi Surat Masuk dan Surat Keluar


    Sistem Informasi Administrasi Surat Masuk dan Surat Keluar merupakan aplikasi persuratan yang digunakan untuk mempermudah pengelolaan surat masuk, surat keluar, disposisi, pencarian hingga pelaporan arsip surat pada suatu Instansi atau Perusahaan.
                                          
    Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP Versi 7 dan database MySQL. Untuk cara mengakses databasenya menggunakan MySQLi Extension dengan object oriented styleTemplate aplikasi menggunakan Robust Admin Lite dengan tampilan yang fleksibel dan modern.

    Untuk menampilkan data dari database pada aplikasi menggunakan DataTables Server-side Processing. DataTables merupakan library yang user friendly dan memiliki fitur cukup lengkap seperti filter, pagination, show perpage, dan sort by. DataTables Server-side Processing adalah salah satu cara terbaik untuk menampilkan data dari database dalam jumlah yang sangat besar. Dengan menggunakan metode ini, aplikasi yang memiliki banyak data, akan terasa ringan ketika di load.
               
    Fitur Apilkasi
    1.    Login
    Halaman login multi user. Ada 2 level user yaitu :
    -  Administrator
    Hak akses : Beranda, Surat Masuk, Surat Keluar, Rekapitulasi, Instansi, Konfigurasi Aplikasi, Manajemen User, Backup Database, Audit Trail, Ubah Password.
    -  Operator
    Hak akses : Beranda, Surat Masuk, Surat Keluar, Rekapitulasi, Ubah Password.
    2.    Beranda
    Setelah user berhasil login, maka akan diarahkan ke halaman Beranda. Halaman ini berisi informasi jumlah surat masuk dan surat keluar per tahun, per bulan, per hari dan jumlah seluruh surat.
    3.    Surat Masuk
    Halaman untuk mengolah data surat masuk. Pada halaman ini pengguna dapat menginput sekaligus upload dokumen arsip surat, mengubah, menghapus, mencari data surat masuk, menampilkan dokumen arsip surat yang telah diupload, mencetak lembar disposisi surat, dan mencetak laporan surat masuk dalam bentuk PDF dan Excel.
    4.    Surat Keluar
    Halaman untuk mengolah data surat keluar. Pada halaman ini pengguna dapat menginput sekaligus upload dokumen arsip surat, mengubah, menghapus, mencari data surat keluar, menampilkan dokumen arsip surat yang telah diupload, mencetak amplop surat, dan mencetak laporan surat keluar dalam bentuk PDF dan Excel.
    5.    Rekapitulasi
    Halaman untuk mencetak laporan rekapitulasi data surat masuk dan surat keluar per tahun dalam bentuk PDF dan Excel.
    6.    Instansi
    Halaman untuk mengolah data referensi instansi terkait.
    7.    Konfigurasi Aplikasi
    Halaman untuk pengaturan profil instansi atau perusahaan.
    8.    Manajemen User
    Halaman untuk mengolah data user yang dapat menggunakan aplikasi.
    9.    Backup Database
    Halaman untuk melakukan backup database aplikasi.
    10. Audit Trail
    Halaman yang berisikan riwayat atau catatan semua kegiatan pengguna yang dilakukan pada aplikasi (Insert, Update, Delete). Dengan fitur ini administrator dapat melihat pengguna yang menginput, mengubah dan menghapus data.
    11. Ubah Password
    Halaman untuk mengubah password pengguna aplikasi.                

    Demo Aplikasi


    Script didalam aplikasi ini dapat dipelajari dengan mudah karena sudah saya berikan komentar pada setiap prosesnya, sehingga dapat digunakan sebagai referensi bagi teman-teman yang sedang mengerjakan tugas kuliah, Skripsi, Tugas Akhir, atau yang baru belajar pemrograman PHP.

    Jika teman-teman tertarik untuk mempelajari Sistem Informasi Administrasi Surat Masuk dan Surat Keluar berbasis web ini, silahkan download melalui link dibawah ini


    Hosting Unlimited Indonesia

    Indra Setyawantoro

    Author

    Belajar untuk Mengajar, Mengajar untuk Belajar.

    1 komentar:

    Copyright © 2015 - 2023 Indra Satya. All rights reserved. Blogger Templates