• Sunday, May 1, 2016

    Aplikasi Pendaftaran Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus untuk Mahasiswa Baru (PKKMB)


    Aplikasi Pendaftaran Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus untuk Mahasiswa Baru (PKKMB) adalah aplikasi berbasis web yang dibuat untuk memudahkan pihak universitas dalam melakukan pendataan mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan PKKMB.

    Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Untuk cara mengakses databasenya menggunakan PDO (PHP Data Objects), serta menggunakan prepared statements untuk membuat query. Tujuannya agar query menjadi lebih aman dan cepat (jika perintah yang sama akan digunakan beberapa kali).
    Desain tampilan aplikasi ini menggunakan Twitter Bootstrap. Bootstrap merupakan sebuah framework CSS dari twitter, yang menyediakan kumpulan komponen-komponen antarmuka dasar pada web dan sarana untuk membangun layout halaman dengan mudah serta rapi. Untuk cetak laporan dibuat dalam format Excel. Jadi data dari database MySQL akan diexport ke dalam excel.

    Selain itu, didalam aplikasi ini teman-teman bisa mempelajari bagaimana cara membuat URL Rewriting menggunakan .htaccess. URL Rewriting adalah metode pengarah alamat url ke alamat tertentu, jadi dalam hal ini htaccess akan mengarahkan alamat url yang diketik pada browser ke alamat script tertentu. Dengan htaccess kita bisa memodifikasi alamat url agar lebih mudah untuk dibaca (readable url). Sebagai contoh kita bisa memodifikasi alamat url indrasatya.com/index.php?page=home menjadi indrasatya.com/home.

    Fitur Apilkasi
    1. Form Pendaftaran
    Halaman yang digunakan mahasiswa untuk melakukan pendaftaran kegiatan PKKMB.
    2. Login
    Halaman login multi user. Ada dua user yaitu Admin dan User. Setelah user login akan diarahkan ke halaman beranda administrator. Didalam halaman beranda ini dapat dipelajari bagaimana cara membuat grafik.
    3. Periode
    Halaman untuk pengaturan periode pendaftaran. Aplikasi dijalankan berdasarkan periode yang aktif.
    4. Program Studi
    Halaman untuk pengolahan data program studi yang ada di universitas.
    5. Data Peserta
    Halaman untuk pengolahan data peserta kegiatan PKKMB yang sudah melakukan pendaftaran. Data dapat diexport kedalam format excel.
    6. Data User
    Halaman untuk pengolahan data user yang akan menggunakan aplikasi.
    7. Ubah Password
    Halaman untuk mengubah password user.

    Tampilan Aplikasi

    Halaman Form Pendaftaran

    Halaman Login

    Halaman Beranda

    Halaman Periode

    Halaman Program Studi

    Halaman Data Peserta

    Halaman Data User

    Halaman Ubah Password

    Sekian penjelasan tentang Aplikasi Pendaftaran Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus untuk Mahasiswa Baru (PKKMB). Script didalam aplikasi ini dapat dipelajari dengan mudah karena sudah saya berikan komentar pada setiap prosesnya, sehingga dapat digunakan sebagai referensi bagi teman-teman yang baru belajar pemrograman PHP menggunakan PDO (PHP Data Objects) dengan prepared statements.

    Jika teman-teman tertarik untuk mempelajari aplikasi ini, silahkan download melalui link dibawah ini


    Hosting Unlimited Indonesia

    Indra Setyawantoro

    Author

    Belajar untuk Mengajar, Mengajar untuk Belajar.

    0 komentar:

    Post a Comment

    Copyright © 2015 - 2023 Indra Satya. All rights reserved. Blogger Templates