• Sunday, November 20, 2016

    Aplikasi Pengolahan Data Mutasi Siswa


    Aplikasi Pengolahan Data Mutasi Siswa ini adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan pendataan mutasi siswa sekolah menengah atas (SMA). Terdapat dua jenis mutasi, Mutasi Masuk untuk mendata siswa pindahan dari sekolah lain dan Mutasi Keluar untuk mendata siswa yang keluar atau pindah ke sekolah lain. Aplikasi yang saya buat untuk tujuan pembelajaran ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Untuk cara mengakses databasenya menggunakan MySQLi Extension dengan konsep pemrograman prosedural.
                                                      
    Materi yang dapat dipelajari dari aplikasi ini selain proses create, read, update, delete, dan search adalah bagaimana menggunakan JQuery DataTables untuk membuat tabel yang dinamis, mengupload gambar ke database, membuat grafik menggunakan Hightchart, dan membuat laporan dalam format PDF menggunakan library html2pdf. Selain itu juga dapat dipelajari bagaimana mendesain tampilan aplikasi menggunakan CSS Bootstrap. Pada aplikasi ini saya menggunakan template Ace Admin V.1.3.3.
                                                       
    Fitur Apilkasi
    1.   Login
    Halaman login single user. Hanya terdapat 1 user yaitu admin.
    2.   Beranda
    Setelah user berhasil login, maka akan diarahkan ke halaman Beranda. Halaman ini merupakan halaman dashboard yang memberikan informasi jumlah total siswa, siswa aktif, mutasi siswa masuk dan mutasi siswa keluar.


    3.   Siswa
    Halaman untuk mengolah data siswa. Pada halaman ini admin dapat menginput, mengubah, menghapus, dan mencari data siswa serta mengupload foto siswa.


    4.   Mutasi Siswa
    Halaman untuk mengolah data mutasi siswa. Pada halaman ini admin dapat menginput, mengubah, menghapus, serta mencari data mutasi siswa masuk dan mutasi siswa keluar/pindah.


    5.   Rekap Siswa Aktif
    Halaman untuk merekap data siswa yang masih aktif. Pada halaman ini admin dapat mencetak data siswa aktif dalam format PDF.
    6.   Rekap Mutasi Siswa
    Halaman untuk merekap data mutasi siswa masuk dan mutasi siswa keluar/pindah per tahun. Pada halaman ini admin dapat mencetak rekap mutasi siswa dalam format PDF.
    7.   Gafik Mutasi Siswa
    Halaman yang menunjukan informasi mutasi siswa masuk dan mutasi siswa keluar/pindah dalam bentuk grafik per tahun.
    8.   Ubah Password
    Halaman untuk mengubah password admin.

    Demo Aplikasi

    Script didalam aplikasi ini dapat dipelajari dengan mudah karena sudah saya berikan komentar pada setiap prosesnya, sehingga dapat digunakan sebagai referensi bagi teman-teman yang sedang mengerjakan tugas kuliah, Skripsi, Tugas Akhir, atau yang baru belajar pemrograman PHP.

    Jika teman-teman tertarik untuk mempelajari Aplikasi Pengolahan Data Mutasi Siswa berbasis web ini, silahkan download melalui link dibawah ini


    Hosting Unlimited Indonesia

    Indra Setyawantoro

    Author

    Belajar untuk Mengajar, Mengajar untuk Belajar.

    0 komentar:

    Post a Comment

    Copyright © 2015 - 2023 Indra Satya. All rights reserved. Blogger Templates