• Saturday, January 5, 2019

    Aplikasi Penjualan Pulsa dengan PHP PDO dan AJAX


    Aplikasi Penjualan Pulsa merupakan aplikasi yang digunakan untuk memudahkan dalam melakukan pencatatan data penjualan pulsa pada konter.
                                                   
    Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP Versi 7 dan database MariaDB. Untuk berkomunikasi dengan database menggunakan PDO Extension dan menggunakan Prepared statements untuk membuat query menjadi lebih aman dan cepat saat melakukan komunikasi ke database.

    Proses CRUD pada aplikasi ini menggunakan AJaX. AJaX adalah singkatan dari “Asynchronous JavaScript and XML”, merupakan suatu teknik pemrograman berbasis web untuk menciptakan aplikasi web interaktif yang lebih baik dan lebih cepat. Dengan menggunakan AJaX kita dapat melakukan pertukaran data dengan server di belakang layar, sehingga halaman web tidak harus dibaca ulang (refresh halaman) secara keseluruhan setiap kali seorang pengguna melakukan perubahan. Hal ini akan meningkatkan interaktivitas, kecepatan, dan usability.

    Materi yang dapat dipelajari dari aplikasi ini adalah :
    • Membuat aplikasi web interaktif yang dapat melakukan pemanggilan halaman tanpa reload/refresh halaman, dan melakukan operasi CRUD tanpa reload/refresh halaman.
    • Membuat validasi form input wajib diisi, dan membuat fungsi untuk membatasi karakter yang diinputkan (bisa diinputkan huruf, angka atau karakter tertentu saja).
    • Mendesain tampilan aplikasi menggunakan CSS Bootstrap 4.
    • Membuat tabel yang dinamis menggunakan DataTables Server-side Processing untuk menampilkan data dari database dalam jumlah yang sangat besar. Sehingga  aplikasi yang memiliki banyak data, akan terasa ringan ketika di load. Tabel sudah dilengkapi dengan filter jumlah data yang ditampilkan, form pencarian data dan pagination.
    • Membuat tampilan alert (kotak dialog) JavaScript menggunakan SweetAlert untuk memunculkan notifikasi pada saat sukses menyimpan data, sukses mengubah data, konfirmasi hapus data, sukses menghapus data, dan validasi form input.
    • Membuat icon yang menarik menggunakan Font Awesome, dengan sistem “Font Icon” yang memungkinkan untuk membuat icon hanya menggunakan teks (tanpa gambar) dan mengubah warna serta ukuran font menggunakan CSS tanpa takut icon menjadi pecah.
    • Menampilkan data dari database ke Select Box menggunakan plugin jQuery Chosen, yang sudah dilengkapi dengan fitur pencarian sehingga dapat memudahkan dalam memilih data yang diinginkan ketika data yang ditampilkan sangat banyak.
    • Menampilkan data dari database ke Textfield berdasarkan data yang dipilih pada Select Box.
    • Mencetak data ke dalam format PDF dan export data ke dalam Format Ms. Excel.
    • Membuat backup database dengan format .sql yang dibungkus dalam format .gz
    • Membuat trigger insert dan update untuk data audit trail aplikasi.

    Fitur Apilkasi
    1.    Login
    Halaman login multi user. Ada 2 level user yaitu :
    o  Administrator
    Hak akses : Beranda, Pelanggan, Pulsa, Penjualan, Laporan, Konfigurasi Aplikasi, Manajemen User, Backup Database, Audit Trail, Ubah Password.
    o  Operator
    Hak akses : Beranda, Pelanggan, Penjualan, Laporan, Ubah Password.
    2.    Beranda
    Halaman Beranda merupakan sebuah dashboard yang berisi informasi jumlah Data Pelanggan, Data Pulsa, Data Penjualan, dan Total Penjualan.
    3.    Pelanggan
    Halaman untuk mengelola data pelanggan. Pada halaman ini pengguna dapat menginput, mengubah, menghapus, mencari data pelanggan, dan mengexport data pelanggan dalam bentuk Ms. Excel.
    4.    Pulsa
    Halaman untuk mengelola data pulsa. Pada halaman ini pengguna dapat menginput, mengubah, menghapus, mencari data pulsa, dan mengexport data pulsa dalam bentuk Ms. Excel.
    5.    Penjualan
    Halaman untuk mengelola data penjualan pulsa. Pada halaman ini pengguna dapat menginput, mengubah, menghapus, mencari data penjualan, dan mencetak nota pembelian pulsa.
    6.    Laporan Penjualan
    Halaman untuk untuk menampilkan dan mencetak laporan data penjualan pulsa. Pada halaman ini kita dapat menampilkan laporan data penjualan pulsa berdasarkan filter tanggal penjualan. Laporan yang ditampilkan bisa perhari, perminggu, perbulan, dan pertahun. Laporan dapat dicetak ke dalam format PDF dan diexport ke dalam format Ms. Excel.
    7.    Konfigurasi Aplikasi
    Halaman untuk pengaturan profil konter.
    8.    Manajemen User
    Halaman untuk mengolah data user yang dapat menggunakan aplikasi.
    9.    Backup Database
    Halaman untuk melakukan backup database aplikasi.
    10. Audit Trail
    Halaman yang berisikan riwayat atau catatan semua kegiatan pengguna yang dilakukan pada aplikasi (Insert, Update, Delete). Dengan fitur ini administrator dapat melihat pengguna yang menginput, mengubah dan menghapus data.
    11. Ubah Password
    Halaman untuk mengubah password pengguna aplikasi.                

    Demo Aplikasi


    Script didalam aplikasi ini dapat dipelajari dengan mudah karena sudah saya berikan komentar pada setiap prosesnya, sehingga dapat digunakan sebagai referensi bagi teman-teman yang sedang mengerjakan tugas kuliah, Skripsi, Tugas Akhir, atau yang sedang belajar pemrograman web dan membutuhkan contoh studi kasus.

    Jika teman-teman tertarik untuk mempelajari Aplikasi Penjualan Pulsa dengan PHP PDO dan AJAX ini, silahkan download melalui link dibawah ini


    Hosting Unlimited Indonesia

    Indra Setyawantoro

    Author

    Belajar untuk Mengajar, Mengajar untuk Belajar.

    0 komentar:

    Post a Comment

    Copyright © 2015 - 2023 Indra Satya. All rights reserved. Blogger Templates