• Friday, May 21, 2021

    Aplikasi Pengelolaan Arsip Surat

    Aplikasi Pengelolaan Arsip Surat merupakan aplikasi berbasis web yang digunakan untuk mengelola penyimpanan arsip surat dalam bentuk dokumen elektronik. Dengan adanya aplikasi arsip pada sebuah instansi, akan memberikan efisiensi dan keamanan penyimpan arsip surat serta mempermudah pegawai dalam mencari informasi arsip surat.
    Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP Versi 8 dan database MySQL/MariaDB. Untuk berkomunikasi dengan database menggunakan MySQLi Extension dengan antarmuka Procedural. Desain tampilan aplikasi menggunakan CSS Bootstrap dengan template SB Admin 2.
    Fitur Apilkasi
    1.
    Login
    Halaman login multi user. Ada 2 level user yaitu :
    • Admin
      Hak akses : Dashboard, Arsip Surat, Kategori Surat, Manajemen User, Ubah Password.
    • User
      Hak akses : Dashboard, Arsip Surat, Ubah Password.
    2.
    Dashboard
    Halaman Dashboard berisi informasi jumlah data Arsip Surat, Kategori Surat, dan Pengguna Aplikasi. Selain itu juga menampilkan grafik Jumlah Arsip Surat Per Kategori Surat.
    3.
    Arsip Surat
    Halaman untuk mengelola data arsip surat. Pada halaman ini pengguna dapat menginput, mengubah, menghapus, menampilkan dokumen elektronik, dan mencari data arsip surat.
    4.
    Kategori Surat
    Halaman untuk mengelola data kategori surat. Pada halaman ini pengguna dapat menginput, mengubah, menghapus, dan mencari data kategori surat.
    5.
    Pencarian Arsip Surat
    Pengguna dapat melakukan pencarian data arsip surat berdasarkan nama surat atau nomor surat.
    6.
    Manajemen User
    Halaman untuk mengelola data user yang dapat menggunakan aplikasi.
    7.
    Ubah Password
    Halaman untuk mengubah password pengguna aplikasi.
    Script di dalam aplikasi ini dapat dipelajari dengan mudah karena sudah saya berikan komentar pada setiap prosesnya, sehingga dapat digunakan sebagai referensi bagi teman-teman yang sedang mengerjakan tugas kuliah, Tugas Akhir, Skripsi, atau yang sedang belajar pemrograman web dan membutuhkan contoh studi kasus.
    Jika teman-teman tertarik untuk mempelajari Aplikasi Pengelolaan Arsip Surat ini, silahkan klik link dibawah ini untuk mendapatkan sourcecode aplikasi.
    Hosting Unlimited Indonesia

    Indra Setyawantoro

    Author

    Belajar untuk Mengajar, Mengajar untuk Belajar.

    0 komentar:

    Post a Comment

    Copyright © 2015 - 2023 Indra Satya. All rights reserved. Blogger Templates