• Saturday, May 15, 2021

    Aplikasi Persediaan Barang Gudang Material dengan PHP 8 dan MySQLi

    Aplikasi Persediaan Barang Gudang Material merupakan aplikasi berbasis web yang digunakan untuk memudahkan dalam melakukan pengelolaan persediaan barang. Aplikasi ini dapat memudahkan dalam melakukan pencatatan stok barang, pencatatan transaksi barang masuk dan barang keluar, pengontrolan stok barang, serta mempercepat dalam proses pembuatan laporan.
    Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP Versi 8 dan database MySQL/MariaDB. Untuk berkomunikasi dengan database menggunakan MySQLi Extension dengan antarmuka Procedural. Desain tampilan aplikasi menggunakan template Atlantis Lite Bootstrap Dashboard dengan tampilan yang responsive dan modern.
    Fitur Apilkasi
    1.
    Login
    Halaman login multi user. Ada 3 level user yaitu :
    • Administrator
      Hak akses : Dashboard, Data Barang, Jenis Barang, Satuan, Barang Masuk, Barang Keluar, Laporan Stok, Laporan Barang Masuk, Laporan Barang Keluar, Manajemen User, Ubah Password.
    • Admin Gudang
      Hak akses : Dashboard, Data Barang, Jenis Barang, Satuan, Barang Masuk, Barang Keluar, Laporan Stok, Laporan Barang Masuk, Laporan Barang Keluar, Ubah Password.
    • Kepala Gudang
      Hak akses : Dashboard, Laporan Stok, Laporan Barang Masuk, Laporan Barang Keluar, Ubah Password.
    2.
    Dashboard
    Halaman Dashboard berisi informasi jumlah Data Barang, Data Barang Masuk, Data Barang Keluar, Data Jenis Barang, Data Satuan, Data User, dan Stok Barang Mencapai Batas Minimum.
    3.
    Data Barang
    Halaman untuk mengelola data barang. Pada halaman ini pengguna dapat menginput, mengubah, menghapus, mencari data, dan menampilkan detail data barang.
    4.
    Jenis Barang
    Halaman untuk mengelola data jenis barang. Pada halaman ini pengguna dapat menginput, mengubah, menghapus, mencari data, dan mengexport data jenis barang dalam format Ms. Excel.
    5.
    Satuan
    Halaman untuk mengelola data satuan. Pada halaman ini pengguna dapat menginput, mengubah, menghapus, mencari data, dan mengexport data satuan dalam format Ms. Excel.
    6.
    Barang Masuk
    Halaman untuk mengelola data barang masuk. Pada halaman ini pengguna dapat menginput, menghapus, dan mencari data barang masuk.
    7.
    Barang Keluar
    Halaman untuk mengelola data barang keluar. Pada halaman ini pengguna dapat menginput, menghapus, dan mencari data barang keluar.
    8.
    Laporan Stok
    Halaman untuk menampilkan dan mencetak laporan stok barang. Pada halaman ini pengguna dapat menampilkan laporan stok seluruh barang dan menampilkan laporan stok barang yang mencapai batas minimum. Laporan dapat dicetak ke dalam format PDF dan diexport ke dalam format Ms. Excel.
    9.
    Laporan Barang Masuk
    Halaman untuk menampilkan dan mencetak laporan barang masuk. Pada halaman ini pengguna dapat menampilkan laporan barang masuk per periode (per hari, per minggu, per bulan dan per tahun). Laporan dapat dicetak ke dalam format PDF dan diexport ke dalam format Ms. Excel.
    10.
    Laporan Barang Keluar
    Halaman untuk menampilkan dan mencetak laporan barang keluar. Pada halaman ini pengguna dapat menampilkan laporan barang keluar per periode (per hari, per minggu, per bulan dan per tahun). Laporan dapat dicetak ke dalam format PDF dan diexport ke dalam format Ms. Excel.
    11.
    Manajemen User
    Halaman untuk mengelola data user yang dapat menggunakan aplikasi.
    12.
    Ubah Password
    Halaman untuk mengubah password pengguna aplikasi.
    Script di dalam aplikasi ini dapat dipelajari dengan mudah karena sudah saya berikan komentar pada setiap prosesnya, sehingga dapat digunakan sebagai referensi bagi teman-teman yang sedang mengerjakan tugas kuliah, Tugas Akhir, Skripsi, atau yang sedang belajar pemrograman web dan membutuhkan contoh studi kasus.
    Jika teman-teman tertarik untuk mempelajari Aplikasi Persediaan Barang Gudang Material dengan PHP 8 dan MySQLi ini, silahkan klik link dibawah ini untuk mendapatkan sourcecode aplikasi.
    Hosting Unlimited Indonesia

    Indra Setyawantoro

    Author

    Belajar untuk Mengajar, Mengajar untuk Belajar.

    0 komentar:

    Post a Comment

    Copyright © 2015 - 2023 Indra Satya. All rights reserved. Blogger Templates