• Friday, May 15, 2015

    Berkenalan Dengan Sublime Text


    Sublime Text, apaan sih tuh?

    Sublime Text merupakan teks editor yang canggih untuk kode, markup, dan prosa. Sublime Text memiliki antarmuka yang polos, dengan fitur yang luar biasa, dan memiliki kinerja yang luar biasa. Fitur dan kinerja yang luar biasa tersebut terletak pada plugin yang bisa kita install dengan mudah. Plugin Sublime tersedia sangat banyak sekali dan sebagian besar diantaranya gratis.
    Buat kamu yang masih baru dengan dunia web development, aplikasi ini wajib banget untuk kamu coba!

    Kenapa harus menggunakan Sublime Text sebagai text editor?

    Sublime Text ini sangat ringan sekali dan cross platform. Tampilan text editor ini membuat saya dan para programmer nyaman coding lama-lama didepan komputer. Selain itu yang tidak kalah penting adalah fungsionalitas dan dukungan plugin nya. Kita dapat menambahkan beberapa plugin yang kita inginkan seperti snippet, auto complete dalam bahasa pemrograman tertentu.
    Fungsi yang sangat menonjol di Sublime Text adalah sebagai berikut :

    Goto Anything

    Cara menggunakannya dengan menekan tombol CTRL + P / CMD + P. Symbol @ untuk loncat ke suatu Symbol, sedangkan simbol # untuk pencarian didalam file tersebut dan : untuk loncat ke nomor baris tertentu.

    Multiple Selection

    Cara menggunakannya dengan menekan tombol CTRL + Shift + L / CMD + Shit + L. Ini berfungsi untuk menyeleksi 1 baris kode untuk dipindahkan ke baris lain. Sedangkan CTRL + D / CMD + D untuk menambahkan penyeleksian lainnya.

    Command Pallete

    Cara menggunakannya dengan menekan tombol CTRL + Shift + P / CMD + Shift + P. Ini digunakan untuk penyortiran, mengubah sintaks dan mengubah pengaturan indentasi. Dengan hanya beberapa keystrokes, anda dapat mencari apa yang Anda inginkan, tanpa harus menavigasi melalui menu.


    Split Editing

    Dengan Split editing, anda dapat membagi layar editor untuk mengerjakan banyak code sekaligus. Caranya dengan Klik menu View -> Layout. Pilih Column Split yang diinginkan.

    Nah, itu beberapa kelebihan dan fitur fitur yang biasa saya pakai. Masih banyak fitur-fitur lainnya yang keren dan pastinya sangat membantu kamu untuk ngoding. Jadi tunggu apa lagi, ayo download dan langsung pakai!

    Hosting Unlimited Indonesia

    Indra Setyawantoro

    Author

    Belajar untuk Mengajar, Mengajar untuk Belajar.

    1 komentar:

    Copyright © 2015 - 2023 Indra Satya. All rights reserved. Blogger Templates