• Sunday, May 17, 2015

    Cara Instal Plugin (Package Control) pada Sublime Text dan Cara Menggunakannya



    Sublime adalah salah satu text editor yang saat ini bisa dikatakan cukup populer di kalangan programmer. Sublime Text memiliki antarmuka yang polos, dengan fitur dan kinerja yang luar biasa. Fitur dan kinerja yang luar biasa tersebut terletak pada plugin yang bisa kita install dengan mudah.
    Salah satu plugin penting yang harus diinstal pada Sublime Text adalah Package Control. Package control adalah suatu tools pada Sublime Text yang memungkinkan kita untuk menginstall package (sejenis plugin). Dengan menggunakan package control, kita dapat menginstal, meng-upgrade, menghapus dan melihat paket atau plugin pada Sublime Text kita dengan sangat mudah. Package yang diinstall bisa bermacam-macam dari mulai syntax highlighter, snippet dan lain-lain. Untuk menginstall package controll ikuti langkah-langkah berikut ini:

    Cara Pertama

    1. Buka Sublime Text
    2. Buka jendela console dengan menekan CTRL + ` atau klik menu View – Console.
    3. Setelah terbuka, paste kode berikut ke jendela console sesuai dengan versi Sublime Text yang dipakai.

    SublimeText 2

    import urllib2,os,hashlib; h = 'df21e130d211cfc94d9b0905775a7c0f' + '1e3d39e33b79698005270310898eea76'; pf = 'Package Control.sublime-package'; ipp = sublime.installed_packages_path(); os.makedirs( ipp ) if not os.path.exists(ipp) else None; urllib2.install_opener( urllib2.build_opener( urllib2.ProxyHandler()) ); by = urllib2.urlopen( 'http://packagecontrol.io/' + pf.replace(' ', '%20')).read(); dh = hashlib.sha256(by).hexdigest(); open( os.path.join( ipp, pf), 'wb' ).write(by) if dh == h else None; print('Error validating download (got %s instead of %s), please try manual install' % (dh, h) if dh != h else 'Please restart Sublime Text to finish installation')
    SublimeText 3
    import urllib.request,os,hashlib; h = 'df21e130d211cfc94d9b0905775a7c0f' + '1e3d39e33b79698005270310898eea76'; pf = 'Package Control.sublime-package'; ipp = sublime.installed_packages_path(); urllib.request.install_opener( urllib.request.build_opener( urllib.request.ProxyHandler()) ); by = urllib.request.urlopen( 'http://packagecontrol.io/' + pf.replace(' ', '%20')).read(); dh = hashlib.sha256(by).hexdigest(); print('Error validating download (got %s instead of %s), please try manual install' % (dh, h)) if dh != h else open(os.path.join( ipp, pf), 'wb' ).write(by)
    Kode tersebut akan menciptakan folder pada Sublime Text, kemudian akan mengunduh Package Control ke dalamnya.
    1. Tekan ENTER. Lalu restart aplikasi Sublime Text (tutup kemudian buka lagi).

    Cara Kedua

    Jika console tidak berfungsi, alternatif lain yang dapat dilakukan adalah melakukan instalasi package control secara manual.
    1. Klik menu Preferences dan pilih Browse Packages
    2. Buat folder dengan nama Installed Packages
    3. Download Package Control dan simpan pada direktori Installed Packages yang telah dibuat.
    4. Lalu restart aplikasi Sublime Text (tutup kemudian buka lagi).

    Cara menggunakan

    Untuk menggunakan package control tekan CTRL + SHIFT + P pada Windows/Linux atau jika anda menggunakan OS X tekan COMMAND + SHIFT + P. Kemudian, ketikan ‘package control’. Maka beberapa pilihan akan muncul:



    Anda bisa memilih instal package untuk memilih package yang akan anda instal, misalnya jika anda ingin package ‘angularjs’ maka anda tinggal ketika ‘angularjs’ lalu tekan ENTER. Tunggu beberapa saat, maka package angularjs akan terinstal, namun pastikan anda terhubung ke internet untuk melakukan ini.
    Semoga bermanfaat.

    Hosting Unlimited Indonesia

    Indra Setyawantoro

    Author

    Belajar untuk Mengajar, Mengajar untuk Belajar.

    0 komentar:

    Post a Comment

    Copyright © 2015 - 2023 Indra Satya. All rights reserved. Blogger Templates